Haruskah Aku Tetap Menjadi Blogger atau Cukup Sampai di Sini?


Hari Blogger Nasional

Aku seorang blogger pemula… Blogger menjadi dunia baru ku…

Awalnya kukira menjadi seorang blogger mudah, tinggal tulis post selesai.. Ternyata oh tidakkk, hehehe… tidak sesimpel yang kubayangkan.. Untuk belajar memahami tentang blogging, aku ikut kelas blogging selama berbulan-bulan.. Suka duka untuk memahami materi sudah kulalui… Sekarang tinggal menjaga konsistensi menulisku.. Dan ini yang sulit, tidak mudah…
 

Banyak pertanyaan diluar yang mempertanyakan apakah yakin akan tetap ingin menjadi blogger?

Apa tidak buang-buang waktu?

Apakah blog masih relevan di tahun 2023?

Apakah menjadi blogger masih potensial sementara diluaran tiktok dan media sosial lain lebih diminati sekarang?

AI sudah berkembang pesat Lo… Gak takut menjadi blogger saingan dengan AI?

Achhhhh…. petanyaan-pertanyaan yang aduhai, sempat membuatku merenung juga...
Hmm... Tapi akhirnya aku menemukan jawaban, tentu saja aku tidak perlu mengkhawatirkan apapun… Aku tidak perlu galau memikirkan haruskah aku tetap menjadi blogger atau cukup sampai di sini?

Karena, aku sadar sudah menemukan bahwa menulis merupakan salah satu caraku untuk healing.. Aku menikmatinya… Lalu apa yang aku takutkan????

Apakah teman-teman blogger memiliki perasaan yang sama denganku? Hehheee….

Profesi Blogger
 

Pengalaman Berharga Menjadi Seorang Blogger

Meskipun masih sangat pemula, setidaknya selama aku menjadi blogger aku mendapatkan beberapa pengalaman berharga, yaitu:

1. Aku mendapatkan network dan pertemanan baru, teman-teman positif seperti saudara yang juga dapat membawaku pada jaringan kerja yang professional. Asyik bukan?

2. Aku bisa berkunjung kesuatu tempat (restoran atau tempat wisata) tanpa mengeluarkan biaya, selain untuk jalan-jalan juga untuk mereview tempat tersebut.
 
3. Aku bisa ngobrol dengan sosok-sosok inspiratif untuk dibagikan kepada kawan-kawan pembaca, yang pastinya aku bakal dapat ilmu baru dan ini dapat menjadi sarana untuk menambah wawasanku.
 
4. Dengan menjadi blogger, aku dapat berbagi info dan berbagi manfaat dengan kawan-kawan serta dapat mengembangkan hobi menulisku.
 
5. Aku bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang blogging kepada kawan-kawan dengan sharing baik secara formal menjadi pembicara atau secara informal.

Selain 5 hal di atas ada banyak lagi hal yang kurasa aku sudah bisa dapatkan dengan menjadi seorang blogger. Sejauh ini aku merasa beruntung telah memutuskan untuk memilih jalan menjadi blogger. Yah, meskipun karena banyak yang mempertanyakanya, kadang masih ada perasaan ragu, bertanya-tanya apakah profesi blogger akan tetap aku pertahankan…hehehe… Namun, aku yakini bahwa dunia blogging masih akan terus dibutuhkan dan masih memiliki potensi yang bagus jangka panjang… 

So, aku tidak takut untuk tetap menjadi seorang blogger… 😊

Cara Mempertahankan Semangat untuk Maju Menjadi Blogger Profesional

Ada beberapa hal yang terus aku kembangkan dan pelajari agar terus komit, semangat dan bisa mencapai cita menjadi blogger profesional, di antaranya:

a. Meningkatkan Skill Menulis

Dengan banyak berlatih dan terus menulis serta belajar dari banyak tulisan kawan-kawan blogger lainnya, aku bisa meningkatkan skill menulisku.

b. Berusaha Meningkatkan Kualitas Management Waktu 

Management waktu merupakan hal penting yang harus kita pelajari, management waktu yang baik dapat membantu kita lebih mudah menyelesaikan semua target kerja kita.

c. Berusaha Belajar Banyak Hal Baru

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat cepat, sebagai seorang blogger kita harus mampu menyesuaikan diri dalam mengikuti perkembangan tersebut. Banyak-banyak belajar hal baru dapat memberikan dampak positif untuk kemajuan diri kita

d. Belajar Komunikasi Lebih Baik

Komunikasi merupakan salah satu cara yang dapat menghubungkan kita dengan banyak orang dan banyak kesempatan. Seorang blogger wajib banget meningkatkan skill komunikasinya. 

e. Berusaha terus Membangun Jaringan yang Lebih Luas

Jaringan penting untuk seorang blogger, dengan jaringan yang luas akan lebih cepat kita mendapatkan update informasi baik berkaitan dengan kesempatan peluang perkerjaan, ilmu baru atau yang lainnya.

f. Tetap Semangat untuk Konsisten Produktif

Menjaga semangat untuk tetap produktif menjadi tantangan bagi setiap orang, begitu juga denganku. Kadang rasa lelah, penat menjadi penghalang untuk tetap konsisten produktif. Namun, ini menjadi tantangan yang harus kita hadapi. Fokus dengan tujuan awal menjadi seorang blogger maka kita harus menguatkan komitmen kita untuk terus konsisten produktif. 

g. Berusaha Mengasah Kreatifitas Diri

Kreatifitas memang tidak bisa instans kita dapatkan, dengan banyak berlatih dan menambah pengalaman maka lama-lama kemampuan kreatif kita akan meningkat.. Jadi jangan malas untuk terus berlatih ya sob...


Artificial Intelligence dan Media Sosial

Ancaman Perkembangan Artificial Intelligence dan Media Sosial: Haruskah Aku Tetap Menjadi Blogger, atau Cukup Sampai di Sini?

Perkembangan Artificial Intelligence (AI) dan media sosial menjadi momok banyak orang, termasuk bagi seorang blogger.

Perkembangan AI yang pesat dipandang dapat menjadi pengganti karya manusia, dirasa menjadi penghalang bagi blogger untuk berkembang. Ohh jangan takut ya sobat kreasi, justru kita harus berdamai dengan AI. AI justru dapat kita manfaatkan untuk membantu kita dalam menulis. Kita bisa minta bantuan AI untuk mendapatkan data, untuk lebih memperkaya tulisan kita dengan waktu yang relatif singkat..

So, kita bisa menyelesaikan tulisan kita dengan lebih baik dan dengan waktu yang singkat kan….

Kemudian perkembangan media sosial yang begitu massif booming juga menjadi momok banyak blogger. Banyak orang berfikir bahwa masyarakat sekarang lebih suka nonton reel atau video dari pada membaca. Nah ini dipandang akan merubah orang untuk lebih memilih influencer atau tiktokers mungkin untuk mereview produk mereka dibandingkan menggandeng blogger.

Nah, jangan salah ya. Ternyata masih banyak orang yang suka membaca Lho… Jadi, dunia blogger masih sangat memiliki peluang ya…

Sebenarnya dengan boomingnya media social seperti tiktok bisa banget kita manfaatkan untuk mempromosikan tulisan kita juga… Dengan begitu, akan lebih banyak lagi orang yang mengenal blog kita…

Intinya tidak ada yang perlu dikhawatirkan, selama kita dapat terus beradaptasi dengan perkembangan, semua akan baik-baik saja… Aku masih sangat yakin bahwa dunia blogging memiliki banyak peluang kedepannya… Sebagai seorang blogger, aku tidak takut tidak mendapatkan pekerjaan. Karena, selama kita konsisten peluang itu pasti akan selalu ada…

So, aku yakin akan tetap bertahan menjadi seorang blogger…

Bagaimana dengan kalian para blogger?

Tetap semangat… Tetap Konsisten ya…  
Lelah boleh, Jangan dipaksakan.. Istirahat sebentar, Lalu yuk kita jalan lagi...😊
Oh ya, Selamat Hari Blogger Nasional yaa Kawan-Kawan Blogger.. Semangat untuk Tetap Terus Berkarya... 

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊