Mengelola Keuangan Dengan Gaya Hidup Hemat Frugal Living


Gaya Hidup Hemat Frugal Living

Frugal living, merupakan gaya hidup yang sedang menjadi topic pembicaraan hangat akhir-akhir ini. Banyak orang yang menyatakan lebih nyaman menerapkan gaya hidup ini.

Konsep mengelola keuangan dengan gaya hidup hemat frugal living semakin popular dewasa ini, utamanya bagi generasi muda, atau keluarga muda.

Banyaknya orang yang tertarik dengan konsep frugal living karena konsep ini dinilai memiliki nilai plus karena tidak melulu membahas tentang bagaimana mengurangi pengeluaran, namun juga lebih menekankan bagaimana memaksimalkan nilai uang yang dikeluarkan tanpa menurunkan kualitas hidup.

Artikel kali ini membahas tentang apa sih frugal living, manfaatnya serta bagaimana cara mengelola keuangan dengan gaya hidup hemat frugal living.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi cara menjalani hidup hemat frugal living dengan nyaman dan berkualitas ya… Yuk ikuti ulasannya…

Apa Itu Frugal Living?

Frugal living merupakan konsep gaya hidup yang menekankan pada gaya hidup hemat namun dengan bijaksana. Hemat dalam konsep frugal living yaitu lebih kepada menghindari pemborosan dan memprioritaskan pengeluaran yang benar-benar penting.

Sehingga, konsep ini memandu seorang individu dengan sadar serta penuh pertimbangan untuk melakukan alokasi dana yang dimilikinya untuk mencapai tujuan hidup dengan kondisi keuangan yang lebih baik di masa yang akan dating.

Tujuan frugal living sendiri adalah agar seseorang dapat melakukan pengelolaan keuangan dengan bijak dengan cara menekan pengeluaran yang dinilai tidak penting, hingga akhirnya tujuan keuangan yang stabil dan lebih baik dimasa depan dapat tercapai.

Pada contoh praktiknya, penganut frugal living sebelum memutuskan berbelanja seseorang akan melakukan perbandingan harga, berburu diskon, atau mencari cara lain yang intinya untuk menekan pengeluaran.

Namun, meskipun konsep frugal living ini lebih fokus pada gaya hidup hemat, bukan berarti harus mengorbankan kualitas hidupnya. Seorang frugal living justru akan lebih menghargai apa yang dimilikinya, lebih apa adanya dan tentunya selalu dalam pertimbangan-pertimbangan keuangan dengan bijak.

Dengan frugal living akan lebih membantu kita lebih mudah mencapai tujuan keuangan dalam jangka panjang, misalnya dengan frugal living kita jadi memiliki tabungan, atau dapat mengumpulkan uang lebih yang bis akita alokasikan untuk dana pension, investasi dan lain sebagainya.


Manfaat Frugal Living

Manfaat Frugal Living

Konsep frugal living ternyata memberikan manfaat penting bagi yang menjalankan dengan bijak dan konsisten Lo…

Berikut beberapa manfaat penting yang bisa kita nikmati jika menganut konsep ini…

a) Dapat Menghemat Uang

Frugal living memberikan arahan kepada kita untuk hidup lebih hemat serta menjauhi sifat pemborosan belanja hal-hal yang kurang bermanfaat.

Sehingga, hidup kita lebih terarah untuk lebih memprioritaskan kebutuhan-kebutuhan yang penting, seperti pengeluaran dana untuk konsumsi kehidupan sehari-hari, untuk pendidikan anak, alokasi untuk tabungan, dana darurat, dan lain sebagainya yang memang penting untuk dialokasikan.

Dengan begitu, maka kita dapat lebih menghemat uang yang kita miliki untuk digunakan ke hal yang memang bermanfaat untuk hidup kita dalam jangka Panjang.

b) Melakukan Konsumsi dengan Tidak Berlebihan dan Lebih Bijak

Frugal living juga mendorong kita untuk melakukan konsumsi lebih bijak, tidak berlebihan. Karena gaya hidup boros haram hukumnya dalam konsep ini..hehe…

Sebelum berbelanja kita akan benar-benar mempertimbangkan apakah barang yang akan kita beli adalah barang yang benar-benar kita butuhkan. Disini kita akan belajar membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Jika barang yang akan kita beli sifatnya adalah keinginan, maka dalam konsep ini barang tersebut akan direkomendasikan untuk dipending dulu dibeli. Diutamakan membeli barang-barang yang memang kebutuhan terlebih dahulu.

c) Terlepas dari Jerat Utang

Frugal living dapat membantu kita terhindar bahkan terlepas dari jerat utang. Konsep ini akan mengajari kita untuk menghindari utang, apalagi utang untuk keperluan yang sifatnya konsumtif.

Selain itu, dengan menganut konsep frugal living, kita dapat lebih mengontrol pengeluaran dan melakukan prioritas pembayaran utang yang kita miliki terlebih dahulu.

Sehingga, secara langsung kita lebih prioritas melunasi utang dan akan lebih cepat terbebas dari jerat utang serta tidak lagi bergantung dengan utang dalam menjalani hidup

d) Turut Serta Menjaga Lingkungan

Frugal living juga mengajari kita untuk menerapkan gaya hidup yang lebih ramah terhadap lingkungan. Contohnya, dalam mengkonsumsi barang kita akan lebih mempertimbangkan produk-produk ramah lingkungan serta lebih tahan lama, dengan tujuan membeli satu barang dalam digunakan dalam jangka panjang.

Contoh lain, kita akan lebih perduli terhadap pemakaian air dan listrik. Jika tidak digunakan maka secara otomatis kita akan mematikannya. Dengan demikian, secara langsung dengan gaya hidup frugal living kita turut serta berkontribusi menjaga lingkungan sekitar kita.

e) Dapat Mencapai Tujuan Keuangan yang Stabil dan Bebas Financial

Frugal living dalam jangka panjang pastinya akan memberikan manfaat positif terhadap stabilitas keuangan kita. Dengan menerapkan konsep ini, kita dapat menerapkan hidup bijaksana keuangan. Sehingga, tujuan keuangan yang stabil serta bebas financial akan kita dapat capai lebih cepat.

Kita dapat memenuhi kebutuhan dasar dengan tenang tanpa gelisah, Jadi bisa lebih fokus untuk mempersiapkan masa depan dan mengejar impian-impian masa depan seperti membeli rumah impian, mempersiapkan pendidikan terbaik untuk anak-anak kita serta mempersiapkan dana pensiun dengan baik agar setelah kita pensiun kehidupan kita dapat terjamin dengan baik.

f) Mencapai Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Banyak orang yang mengatakan hidup bahagia tidak selalu dipengaruhi oleh seberapa banyak kita memiliki uang. Namun, kenyataannya untuk mencukupi kebutuhan kita memerlukan uang.

Dengan adanya tekanan financial, utang yang menumpuk, pasti akan memunculkan kecemasan dan akan berpengaruh terhadap Kesehatan mental kita. Hidup menjadi penuh kekhawatiran, bawaannya gampang emosi.

Oleh karena itu, dengan pola hidup keuangan yang terkontrol dapat menciptakan kebebasan financial. Kondisi keuangan yang aman untuk memenuhi kebutuhan serta tanpa ada tanggungan utang, akan memberikan ketenangan pikiran. 




22 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. Berarti sama ya pengertian frugal living dengan menggunakan uang secara bijak.

    Intinya harus tahau mana keinginan dan kebutuhan sebelum melakukan pengeluaran. Begitu bukan mbak?

    BalasHapus
  2. Manfaat frugal living banyak sekali. Terutama biar hidup lebih berkualitas. Hidup hemat bukan berarti pelit ya.

    BalasHapus
  3. Di era modern ini, banyak orang terjebak dalam gaya hidup konsumtif yang membuat mereka terlilit hutang dan kesulitan mencapai tujuan keuangan. Gaya hidup hemat atau frugal living hadir sebagai solusi untuk membantu kita mengelola keuangan dengan lebih bijak dan mencapai kebebasan finansial.

    BalasHapus
  4. Dengan segala penjelasan ini, sepertinya banyak yang salah kaprah ya menggunakan frasa frugal living sebagai hidup melarat huhu... padahal frugal living lebih menekankan pada hidup yang tidak boros ya

    BalasHapus
  5. Menggunakan uang dengan bijak ala frugal living bisa jadi jalan ninja untuk dapat menjalani hidup tanpa beban. Layak dicoba

    BalasHapus
  6. Saya setuju sekal dengan Frugal living ini. Jadi benar-benar mengeluarkan uang karena kebutuhan. Terus belinya pakai trik cari harga yang pas dengan kualitas tetap bagus. Membeli sesuai kebutuhan juga membantu program lingkungan.

    BalasHapus
  7. Efek hidup frugal living ternyata sampai ke kesehatan mental yaa..
    Jadi, seni dalam mengatur keuangan sesuai dengan kebutuhan ini membuat hidup menjadi lebih berkualitas. Gak selamanya barang yang kita inginkan adalah sesuatu yang kita butuhkan.

    BalasHapus
  8. Suka banget sama konsep frugal living ini. Mengajarkan kita hidup sesuai kebutuhan, tidak berlebihan dan boros. Frugal living juga mengajarkan kita bagaimana kita mengelola keuangan dengan baik. Bukan menurunkan kualitas, justru malah jadi semangat menambah income..

    BalasHapus
  9. Daku pernah mengikuti talkshow bahwa ketika akan menerapkan frugal living pastikan untuk paham semua tentangnya, dan tahu konsep keuangan, karena bisa jadi cocok bisa juga nggak

    BalasHapus
  10. Saya tertarik dengan konsep frugal living ini. Tetapi dalam prakteknya ternyata bukan perkara mudah. Karena saya tidak hidup sendiri. Dalam artian harus menyamakan visi, misi, persepsi, dan lain-lainnya terlebih dulu.

    BalasHapus
  11. Frugal living jadi konsep yg butuh konsistensi kuat ya. Kalo udah terbiasa, pasti bakal gampang banget jalaninya. Ah, hidup tenang idaman banget memang, xixixi..

    BalasHapus
  12. Kapan lalu sempat viral gaya hidup frugal living yang ternyata banyak orang salah tangkap dengan definisinya. Sering dikira mirip gaya hidup pelit padahal beda banget

    BalasHapus
  13. Berasa sih, dengan memiliki barang sesuaui kebutuhan tuh, hidup jauh terasa lebih nyaman. Pun menjalani keseharian ala frugal living begini bikin seseorang yang menerapkannya tuh jadi nggak konsumtif juga. Walau memang ada tuh beberapa post yang viral di media sosial soal frugal living, tapi kok jadi saingan siapa yang paling hemat hidupnya gitu, sebenarnya konsepnya malah baik sih.

    BalasHapus
  14. Dari dulu mau coba hidup frugal living, tapi gagal terus gak bisa konsisten. Padahal manfaatnya banyak banget kalau bisa hidup frugal living.

    BalasHapus
  15. Aku blm sanggup sih kalo sampe frugal living. Konsepku ya sederhana aja tp msh bs makan enak. Utang boleh tp masih terukur dgn kemampuan bayar yg bs diperkirakan.

    Istilahnya hdp tetap bs dinikmati walau ga mewah amat tp ya ga kyk org muskin amat. Selera aja sih mengelola hdp ini.

    BalasHapus
  16. Saya setuju kalau hemat tapi bukan berarti pelit. Saya sangat mengajarkan hemat kepada anak. Tapi ketika waktunya apresiasi diri, ya tetap harus dipenuhi. Buat apankerja kalau keinginan tidak tercapai? Tapi ya harus yang bermanfaat pastinya...

    BalasHapus
  17. Kalau diriku sih mungkin bukan frugal living ya.. Tp hidup sederhana sesuai kebutuhan. Kalau memang ada dananya, perlu juga untuk terkadang mengapresiasi diri meski hrs mengeluarkan biaya lebih.

    BalasHapus
  18. Konsep frugal living ini menarik. Bukan sehemat mungkin, tapi lebih pada kebermanfaatan yang optimal. Bukan cuma bermanfaat bagi kita sendiri yang menjalankan, tapi juga bagi alam.

    BalasHapus
  19. Pendekatan pengelolaan keuangan denganfrugal living sepertinya lebih mudah untuk diterapkan semua orang nih, bijak dalam pengelolaan keuangan yang baik

    BalasHapus
  20. Menjalankan gaya hidup ini gampang-gampang susah di awal kak. Tapi kalau sudah menjadi habit InsyaAllah sudah otomatis.

    BalasHapus
  21. sekarang banyak banget yang milih buat frugal living. tapi emang sih kebiasaan ini kalau udah rutin bisa memudahkan dan efisien juga mengelola keuangan

    BalasHapus
  22. Zaman sekarang memang yang paling cocok adalah menerapkan gaya hidup Frugal Living ini, ya. Namun saya pribadi sepertinya masih belum sepenuhnya menerapkannya, masih konsumtif banget. yaampun...

    BalasHapus