Alasan Pentingnya Managemen Bagi Sebuah Bisnis





Bila ingin berkecimpung dalam dunia bisnis, kamu harus memahami ilmu manajemen atau tata kelola bisnis, yakni tata cara mengelola bisnis dengan tepat. Tentu saja, hal ini agar bisnis dapat berkembang sesuai rencana atau target. Mengapa manajemen itu penting untuk dipelajari dan diterapkan? Apa jadinya bila menjalankan bisnis tanpa fungsi tata kelola? Baca terus untuk menemukan jawabannya.

Tentang Manajemen Bisnis?

Mengutip pendapat Ricky W. Griffin (dalam “Manajemen”: 2004), definisi manajemen adalah proses pengembangan sebuah organisasi atau perusahaan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya untuk pencapaian tujuan secara efektif dan efisien. Setiap proses, termasuk pemasarannya pun wajib direncanakan dengan matang.

Fungsi penting tata kelola dalam bisnis yaitu sebagai pedoman dalam pelaksanaan tanggung jawab. Setiap organisasi atau perusahaan yang sedang berkembang juga pasti membutuhkan tata kelola untuk mengatur pertumbuhan bisnis.

Alasan Pentingnya Manajemen bagi Sebuah Bisnis

Demi kelancaran dan kesuksesan bisnis, terutama bagi kamu yang baru saja memulai, pelajari dan pahami beberapa fungsi penting tata kelola bisnis berikut ini.
 

a) Perencanaan Lebih Matang

Nekat memulai bisnis tanpa perencanaan akan menghambat pertumbuhan bisnis, bahkan membuatnya jalan di tempat. Inilah mengapa manajemen itu penting. Tata kelola membantu menyusun rencana yang lebih matang. Rencana tersebut sudah disiapkan secara keseluruhan dan menjadi dasar terpenting dari penerapan tata kelola bisnis.

Perencanaan bisa di-update berulang kali seiring proses evaluasi yang juga harus secara kontinu dilakukan, sesuai kebutuhan masing-masing divisi.
 

b) Pembagian Kerja Lebih Baik

Tata kelola bisnis membuat proses pembagian kerja menjadi lebih mudah. Hal ini berkaitan erat dengan fungsi tata kelola pada tahap organizing atau pengorganisasian. Tugas, tanggung jawab, serta otoritas setiap anggota organisasi pun dapat secara efisien dicapai.

Pembagian wewenang ini mulai dari penentuan job desc, siapa yang mengerjakan, siapa penanggung jawabnya, hingga penentuan siapa saja yang boleh mengambil keputusan di dalam organisasi atau perusahaan.
 

c) Memaksimalkan Penggunaan Sumber Daya

Tata kelola akan menentukan sistem pemanfaatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya fisik, termasuk peralatan, perlengkapan, serta inventaris. Manajemen juga membantu alokasi setiap sumber daya yang ada agar dapat bermanfaat secara maksimal bagi produktivitas perusahaan.

Pemanfaatan sumber daya ini akan dilakukan secara optimal. Sebisa mungkin, manajemen menggunakan alternatif terbaik untuk sumber daya yang langka. Dengan begitu, pemborosan dapat dihindari. Selain itu, manajemen bisnis menghasilkan kemampuan manajemen waktu yang baik. Hasilnya, perusahaan dapat merampungkan lebih banyak pekerjaan.
 

d) Mengontrol Perkembangan Bisnis

Dari semua manfaat di atas, controlling adalah alasan paling utama mengapa manajemen itu penting dalam bisnis. Kinerja dari setiap sumber daya akan dievaluasi secara menyeluruh untuk memastikan bahwa aktivitas dan operasional perusahaan sudah berjalan sesuai dengan rencana dan target.

Bila ada kesalahan terjadi dalam pelaksanaan tugas, akan segera dapat diidentifikasi dan dikoreksi agar tidak terulang di masa yang akan datang. Perencanaan matang akan sia-sia tanpa controlling yang baik. Ada empat hal yang perlu dipenuhi dalam upaya pengawasan ini, di antaranya Routing, Scheduling, Dispatching, dan Follow Up.
 

e) Potensi Keuntungan Lebih Besar

Ketika empat alasan di atas telah dicapai, tata kelola perusahaan yang diterapkan dengan baik akan selaras dengan keuntungan yang diperoleh. Tidak sedikit perusahaan yang sudah membuktikan bahwa untung besar dan sukses di dunia bisnis berkaitan erat dengan kemampuan manajemennya.

Lima poin di atas adalah alasan utama mengapa manajemen itu penting untuk pengembangan bisnis. Tentu saja, tata kelola bisnis yang baik dapat memberi lebih banyak manfaat. Bagi yang ingin memulai bisnis, atau ingin mengoptimalkan bisnis yang sudah ada, pastikan kamu sudah paham penerapan fungsi-fungsi tata kelola bisnis, ya.

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊