Jenis Anggaran Perusahaan, Wajib Diketahui!






Anggaran perusahaan terbagi menjadi beberapa jenis. Masing-masing dari anggaran perusahaan memiliki peran sesuai dengan jenisnya.

Tingkat keefektifan anggaran dapat dinilai dari seberapa mampu anggaran tersebut dapat memenuhi kebutuhan pengeluaran kebutuhan perusahaan. Bahkan, jika bisa anggaran dapat menyisahan sedikit untuk kebutuhan-kebutuhan tak terduga perusahaan atau kebutuhan lain-lain yang mungkin diperlukan.

Yuk simak jenis anggaran perusahaan yang wajib kita ketahui berikut ini….

Anggaran Biaya Bahan Baku

Jenis anggaran perusahaan yang pertama adalah anggaran biaya bahan baku. Jenis ini merupakan anggaran yang diperlukan untuk menyetok bahan baku untuk kegiatan produksi.

Anggaran Biaya Produksi

Setelah menyusun anggaran untuk bahan baku, selanjutnya Anda bisa menyusun anggaran biaya produksi.

Perencanaan keuangan ini disusun agar perusahaan bisa menyesuaikan budget untuk mengelola bahan baku menjadi produk layak jual dalam satu kurun waktu tertentu. Dimana umumnya berlaku untuk satu tahun anggaran periode.

Anggaran Produksi

Jenis anggaran produksi berisikan rencana perusahaan yang nantinya akan diproduksi dalam satu tahun periode anggaran. Selain itu, anggaran ini merupakan acuan dalam membuat anggaran biaya produksi untuk menentukan rencana penjualan.

Anggaran Penjualan

Anggaran penjualan merupakan jenis anggaran yang mencakup jenis barang yang akan dijual, harga, jumlah, waktu, dan tempat penjualan. Anggaran perusahaan ini disusun berdasarkan proyeksi penjualan dan biasanya dijadikan acuan untuk menyusun anggaran lainnya.

Anggaran Biaya Tenaga Kerja Langsung

Jenis anggaran perusahaan yang satu ini mencakup upah pekerja atau buruh yang terlibat langsung dalam proses produksi selama satu periode. Termasuk dalam perhitungan jumlah jam kerja dan jumlah unit yang diproduksi.

Anggaran Biaya Overhead Pabrik

Anggaran biaya overhead pabrik meliputi perhitungan untuk biaya tambahan, biaya tenaga kerja tidak langsung, pajak asuransi, hingga fasilitas yang dibutuhkan selama proses produksi berlangsung.

‍Anggaran Persediaan

Pada umumnya anggaran persediaan akan disusun untuk mengetahui nilai persediaan dan jumlah persediaan bahan baku untuk proses produksi di periode yang akan mendatang.

Anggaran Program

Selanjutnya ada jenis anggaran perusahaan untuk program yang merupakan anggaran operasional berdasarkan seluruh program yang dilakukan perusahaan. Tujuan adanya anggaran perusahaan ini untuk menganalisa setiap program yang dijalankan perusahaan. Apakah sudah sesuai dengan tujuan perusahaan atau belum.

Anggaran Pertanggungjawaban

Anggaran pertanggungjawaban bertujuan untuk mengendalikan manajemen perusahaan. Isinya merupakan anggaran operasional kegiatan perusahaan yang disusun berdasarkan pusat pertanggungjawaban.

Anggaran Pengeluaran Modal

Jenis anggaran perusahaan ini disusun berdasarkan estimasi penjualan dan biasanya menjadi acuan dalam pembuatan anggaran kas, overhead pabrik, dan biaya non produksi lainnya.

Anggaran Kas

Isi dari anggaran kas biasanya mencakup estimasi dana dan penggunaan kas dalam satu kurun waktu tertentu. Termasuk di dalamnya ada anggaran operasional, pengeluaran modal, dan sering dijadikan sebagai acuan untuk menyusun anggaran neraca hingga menjadi likuiditas perusahaan.

Anggaran Laba Rugi

Jenis anggaran perusahaan ini umumnya dibuat berdasarkan prediksi laba rugi perusahaan dalam satu kurun waktu tertentu dan sering dijadikan sebagai acuan perencanaan anggaran neraca.‍

Anggaran Neraca

Isi dari anggaran perusahaan yang satu ini adalah rencana keuangan, utang, aktiva, hingga modal yang dimiliki perusahaan diawal dan diakhir satu periode. Jenis anggaran perusahaan ini disusun berdasarkan hasil anggaran kas dan anggaran laba rugi.

Anggaran Posisi Keuangan

Satu lagi jenis anggaran perusahaan yang perlu Anda tahu adalah anggaran posisi keuangan. Isinya terkait rencana perubahan utang, aktiva, dan modal perusahaan selama satu periode tertentu. Anda harus melirik anggaran neraca untuk membuat anggaran yang satu ini.

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊