Kenali SEO Checklist Untuk Blogger!

Search Engine Optimization,


Hi sobat kreasi…

Aku mau berbagi cerita nih, beberapa hari yang lalu tepatnya hari Jum’at tanggal 19 Juli 2024 aku ikutan kelas online dari BRT Network. BRT Network memang salah satu komunitas blogger yang cukup aktif dalam memberi ruang berbagi ilmu, gratis lagi…hehe…

Kebetulan materi yang dibahas kali ini terkait dengan SEO, lebih khususnya yaitu tentang SEO Checklist untuk blogger.

Sebagai blogger pemula pastinya aku butuh banget ilmu ini. Dengan Narasumber yang super keren, Mas Miftahul Khoir, dia seorang AVP of Digital Performance and Marketing Bussiness di KlikDokter.

Di awal pembukaan kelas aku cukup terkesima dengan pengalaman beliau, di antaranya pengalaman kerjanya selama ini sebagai content writer. Berbekal pengalaman yang panjang, akhirnya Mas Miftah mendapatkan ilmu tentang bagaimana website dapat memenangkan dalam mesin pencarian, yaitu salah satunya dengan penerapan SEO checklist.

Sebagai blogger, sangat penting untuk kita perhatikan terkait SEO checklist. SEO checklist memiliki fungsi sebagai control terkait dengan apa saja yang telah kita lakukan sebagai upaya agar website dapat muncul di halaman pertama atau teratas pada mesin pencarian.

Nah, sayang banget kan kalau aku enggak bagi ilmu yang aku dapat buat kalian juga..

Yuk, ikuti ulasannya…

Skill Dasar Content Writer

Agar mencapai kesuksesan, seorang content writer harus memiliki skill dasar. Berikut skill dasar yang wajib dikuasai oleh content writer.

a) Kemampuan Kreatif

Seorang content writer harus mampu menghasilkan ide-ide kreatif dan menarik. Selain itu, konten yang disajikan juga harus memiliki nilai positif bagi pembaca.

b) Solutif

Skill kedua yang wajib dimiliki oleh conten writer yaitu solutif. Sikap dasar yang harus dimiliki yaitu actionable, comprehensive, trustworthy, dan targeted.

c) Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis menjadi kunci utama kesuksesan dari content writer. Penting sekali seorang content writer menguasai tools, serta paham cara kerja search engine

Pengembangan Topik Halaman

Selain skill dasar, seorang content writer juga wajib menguasai skill pengembangan topik halaman. Berikut skill pengembangan topik halaman yang wajib kalian ketahui dan kuasai.

a) Brainstroming  

Seorang content writer harus selalu berusaha menghasilkan ide-ide segar dan inovatif untuk disuguhkan kepada pembaca.

b) Storytelling


Cara menceritakan ide menjadi tulisan yang enak dibaca tidaklah mudah. Ini dikenal dengan istilah skill storytelling, yaitu kemampuan seorang content writer dalam mengemas konten dalam bentuk gaya narasi yang khas. Semakin bagus storytellingnya maka tulisan akan semakin enak dibaca, jadi pembaca akan betah berlama-lama membaca konten artikel.

c) Base on Data

Meskipun menggunakan gaya bahasa bebas, namun data tetap menjadi hal penting dalam mengembangkan tulisan. Sehingga, analisis yang didasarkan data yang akurat dalam membantu content writer dalam mengembangkan topik halaman.

Bagaimana Memenangkan Posisi Serp?

Untuk menjawab pertanyaan ini, maka yang perlu dilakukan yaitu:

a) Set Target Utama Blog

Content writer harus sudah menentukan target utama dari blog. Harus jelas akan mengembangkan blog yang seperti apa, siapa sasaran target pembacanya, temanya bagaimana dan yang juga penting kembangkan artikel yang runtut dan saling terkait satu sama lain.

b) Jangan Utamakan SEO

SEO memang sangat penting, namun banyak dari content writer terlalu bingung dengan SEO yang pada akhirnya terjebak dengan pikirannya sendiri. Menjadi lebih parah jika pada akhirnya malah content writer tersebut tidak dapat mengembangkan konten dengan baik.

c) Memahami Audience Blog

Audience Blog adalah pasar kita, maka kita wajib membuat mereka nyaman membaca konten di web kita. Jadi mau tidak mau kita harus berusaha dapat menarik pembaca dan membuat mereka betah berlama-lama menbaca artikel-artikel dalam website kita.

Navigasi Website

Navigasi halaman website juga merupakan faktor penting bagi pembaca, semakin simple, mudah dan memanjakan pembaca maka pembaca akan merasa nyaman. Berikut hal yang perlu diperhatikan terkait navigasi dari website.

a) Crawling Status

Kita harus memastikan bahwa website kita mengizinkan setiap bot masuk untuk dapat membaca semua isi halaman website.

b) Website Navigation

Pastikan navigasi halaman jelas, ada kategori, breadcrumb dan linking.

c) Experience

Tingkat experience pembaca harus diperhatikan. Setidaknya core web vital harus dapat menjawab semua kebutuhan pembaca, di antaranya kecepatan pemuatan halaman, readibility, dan ketersediaan halaman.

Terapkan Rumus E-E-A-T

Rumus E-E-A-T sudah banyak dikenal dikalangan content writer, rumus ini dapat kita terapkan untuk mendukung performa blog kita Lho…

a) Experience

Konten yang ditulis berdasarkan pengalaman atau pendapat pribadi si penulis.

b) Expertise

Konten yang ditulis oleh ahli, atau si penulis memiliki kredibilitas, pengetahuan dan pendidikan sesuai dengan topik yang ditulis.

c) Authoritativness

Reputasi website di kalangan pakar atau influencer, kewenangan seseorang membahas topik You Money Your Life atau yang sedang hangat.

d) Trustworthiness

Bangun rasa percaya user terhadap kontennya, seperti menghindari praktik-praktik cloacking atau konten yang menipu.


Scema Data

Penting juga untuk memerhatikan Scema Data yaitu sebagai jembatan antara Google dan blog kalian untuk membaca isi halaman lebih teliti lagi. Scema Data terdiri dari:
 

a) Artikel

Membantu google memahami jenis dari postingannya adalah artikel. Property “headline, author, date published, image, article body”.

b) Postingan Blog

Spesifik untuk postingan blog dan merupakan subtype dari Article. Contohnya property headline, main Entity Of Page, author, date Published, date modified, image, article body.

c) Person 

Digunakan untuk penulis atau contributor di blog, contoh propertynya name, url, same As

d) Website

Mengidentifikasi keseluruhan situs web blog, Contoh properti: url, name, potential action (seperti Search Action untuk menambahkan kotak pencarian)

Contoh SEO Checklist

Berikut contoh dari SEO checklist yang dapat diterapkan.

SEO Checklist

SEO Checklist

Penutup

Checklist SEO merupakan hal penting, namun dalam penerapannya kita tidak harus menerapkan semua. Cari point yang memang dibutuhkan untuk dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

Terimakasih BRT Network telah memfasilitasi kegiatan kuliah gratis ini buat kami blogger pemula. 




Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊