Cara Membuat Anggaran Keuangan Perusahaan





Salah satu aktivitas penting yang harus dilakukan setiap organisasi bisnis adalah menyusun anggaran perusahaan. Anggaran perusahaan menjadi elemen penting sebagai peta jalan keuangan perusahaan dalam menjalankan fungsinya, sehingga perusahaan lebih mudah dalam mencapai tujuannya.

Tanpa adanya desain anggaran yang disusun, perusahaan akan mengalami kesulitan dalam berjalan, bahkan bisa saja sebelum perusahaan mencapai tujuan sudah kehabisan sumber daya.

Kalau sampai itu terjadi, perusahaan akan mengalami kerugian ya.. Maka dari itu perlu adanya rencana anggaran yang disusun dengan rinci terkait dengan pendapatan dan pengeluaran perusahaan dalam periode waktu tertentu, misalkan setiap 1 tahun.

Dengan adanya anggaran perusahaan bisa melihat bagaimana kondisi uang masuk dan uang keluar. Jadi lebih mudah dalam mengatur agar pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan.

Pentingnya Anggaran Keuangan

Anggaran keuangan perusahaan menjadi hal yang sangat penting, karena dengan disusunnya anggaran perusahaan dapat dengan mudah mengontrol keuangan perusahaan.

Anggaran keuangan menjadikan perusahaan lebih mudah dalam:

a) Melakukan Perencanaan Pengeluaran

Anggaran keuangan membantu perusahaan dalam membuat keputusan terkait dengan penentuan jumlah alokasi uang untuk setiap proyek ataupun tiap-tiap departemen.

b) Melakukan Identifikasi terhadap Pemborosan

Dengan anggaran keuangan yang jelas dan rinci, perusahaan dapat mengidentifikasi area mana yang ternyata terlalu banyak mengeluarkan uang dengan tidak efektif serta melakukan pemborosan.

c) Mengambil Keputusan yang Bijak

Perusahaan yang memiliki anggaran keuangan yang baik akan terbantu dalam membuat keputusan keuangan dengan bijak, karena pertimbangan didasarkan pada data yang valid dan jelas.

d) Melakukan Pengukuran terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan

Anggaran keuangan yang telah disusun oleh perusahaan dapat menjadi acuan bagi perusahaan untuk melakukan pengukuran kinerja, yaitu dengan membandingkan kondisi keuangan nyata perusahaan dengan pagu anggaran yang telah disusun.

Cara Membuat Anggaran Keuangan Perusahaan

Dalam menyusun anggaran keuangan, perusahaan dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

a) Melakukan Evaluasi Kinerja Keuangan Sebelumnya

Langkah awal yang dapat dilakukan perusahaan yaitu melakukan peninjauan laporan keuangan yang telah disusun pada tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk memahami pola pemasukan dan pengeluaran perusahaan.

Sehingga, dari pola tersebut perusahaan dapat melakukan evaluasi kinerja dari keuangan perusahaan pada tahun sebelumnya sebagai bahan pertimbangan dalam kegiatan penyusunan anggaran tahun berjalan.

b) Menentukan Tujuan Keuangan Perusahaan

Langkah kedua yaitu menentukan tujuan keuangan perusahaan. Jadi perusahaan harus dengan jelas menentukan apa yang ingin dicapainya pada tahun tertentu.

Misalnya, perusahaan pada tahun 2024 ingin mencapai peningkatan penjualan 100% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Atau mungkin karena pertimbangan tertentu perusahaan ingin melakukan pengurangan biaya operasional pada tahun 2024 ini.

c) Memperkirakan Pendapatan Perusahaan

Langkah selanjutnya yaitu membuat perkiraan yang realistis terkait dengan berapa banyak jumlah pendapatan yang ditargetkan akan diterima dalam periode tersebut. Untuk menentukan jumlah pendapatan ini, perusahaan dapat menghitung berdasarkan proyeksi pasar pada tahun berjalan atau bisa juga memanfaatkan data historis yang dimilikinya.

d) Melakukan Rencana Pengeluaran Perusahaan

Selanjutnya, lakukan perencanaan pengeluaran perusahaan. Maksudnya disini perusahaan dapat membuat pembagian pengeluaran berdasarkan kategori-kategori tertentu. Misalnya kategori pengeluaran rutin seperti gaji karyawan, biaya pemasaran, biaya operasional dan lain sebagainya.

Dalam Menyusun rencana pengeluaran ini, perusahaan harus memastikan setiap departemen mendapatkan alokasi yang sesuai dengan kebutuhannya.

e) Melakukan Pemantauan dan Peninjauan Secara Berkala

Anggaran bukan dokumen yang sekali jadi dan selesai. Perlu dipantau dan ditinjau secara berkala untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana.

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊