Sikap Hidup Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Hidup Sederhana

Hidup sederhana adalah konsep yang menekankan kesadaran akan kebutuhan esensial dan mengurangi kecenderungan untuk mencari kebahagiaan dalam benda-benda material.

Apa Itu Hidup Sederhana?

Hidup sederhana adalah sebuah gaya hidup saat seseorang mengutamakan hal-hal yang esensial dan menghindari kemewahan yang berlebihan. Cara hidup ini berfokus pada kebahagiaan internal daripada harta benda material.

Ini tidak berarti hidup dalam kemiskinan atau kesulitan, melainkan mengambil keputusan bijak dalam pengeluaran, menghargai sumber daya alam, dan menekankan nilai-nilai yang lebih abadi.

Hidup sederhana juga dapat didefinisikan sebagai gaya hidup saat seseorang berusaha untuk memusatkan perhatian pada hal-hal yang benar-benar penting dalam hidupnya. Ini melibatkan kesadaran akan keinginan yang berlebihan dan upaya untuk mengurangi kebingungan dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Pola Sikap Hidup Sederhana

a) Hidup Tenang dengan Penuh Rasa Syukur

Menerapkan hidup sederhana bisa mengajarkan kita untuk selalu merasa cukup terhadap apa yang sudah dimiliki saat ini. Kondisi ini akan menjadikan kita sebagai manusia selalu bersyukur. Hidup sederhana juga menjadikan kita merasakan hidup yang lebih hemat serta tak berlebihan dalam hal apapun dalam dunia ini, tetapi justru akan terus berucap syukur atas apa yang dimiliki saat ini.

b) Dapat Menerapkan Sistem Keuangan yang Lebih Baik

Gaya hidup yang sederhana mampu memberikan pengaruh positif terhadap proses pengaturan keuangan yang kita miliki. Dimana kehidupan sederhana akan menjadikan seseorang memiliki sikap selektif dan cermat dalam mengatur keuangannya agar bisa tetap bertahan hidup tanpa melakukan tindakan yang berlebihan.

Sistem pengaturan keuangan yang lebih tersebut bisa berupa perilaku hemat dan suka menabung. Kedua sikap tersebut nantinya akan memberikan manfaat yang cukup besar terhadap kehidupan kita dimasa depan.

c) Melatih Menjadi Pribadi Dermawan

Karena hidup yang kita jalani tidak berlebihan, maka hidup sederhana bisa menjadikan kita lebih suka untuk berbagi dan bersedekah. Orang yang hidup dalam kesederhanaan akan merasa begitu bahagia setiap melakukan tindakan berbagi kepada sesama. Hal ini tak lain karena sikap berbagi kita akan memberikan efek bahagia untuk kehidupan orang lain.

Oleh karena itu, orang yang hidup sederhana sudah tidak lagi mencari kebahagiaan dari sumber materi namun justru akan memiliki mencari kebahagiaan dalam bentuk lain seperti berbagi kepada sesama.

d) Terhindar dari Stress

Hidup sederhana dinilai dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Dengan mengurangi tekanan untuk memenuhi keinginan material, seseorang dapat mencapai ketenangan batin.

Hidup sederhana akan memberikan dampak positif terhadap kesehatan mental seseorang. Jika kita memilih untuk hidup sederhana, maka Anda tidak akan memiliki ambisi yang berlebihan dalam mencapai atau memiliki sesuatu. Dimana hidup sederhana akan menjadikan seseorang menjadi lebih mudah merasa cukup dan selalu bersyukur. Selain itu, orang yang hidup dalam kesederhanaan akan lebih menemukan kebahagiaan versi dirinya sendiri dan hal ini yang lebih mudah menjadikan mereka menikmati kehidupannya.

e) Dapat Lebih Fokus Menata Masa Depan

Waktu yang sedang kita jalani saat ini memang begitu penting sekali. Meski begitu, dalam waktu yang kita jalani saat ini, kita juga harus bisa memikirkan masa depan dengan lebih matang.

Ketika kita memutuskan untuk memilih jalan hidup sederhana, kita akan bisa mengesampikan segala hal yang memang dirasa cukup mengganggu perkembangan hidup ini. Di sisi lain, kita juga akan lebih mudah untuk memikirkan hal yang lebih penting dan lebih diprioritaskan seperti masa depan.

Misalnya, dari segi finansial, Anda yang memutuskan untuk menjalani kehidupan yang sederhana akan bisa lebih cermat dalam penggunaan keuangan. Hal ini bisa membantu Anda untuk melakukan tindakan menabung maupun berinvestasi agar bisa mencapai tujuan di masa depan.

f) Melatih Diri untuk Lebih Bertanggung Jawab

Sikap bertanggung jawab di sini adalah sebuah sikap menjaga barang yang dibutuhkan dan lebih hati-hati dalam menggunakannya. Selain tak memiliki barang dengan jumlah yang banyak, mereka juga akan selalu memastikan keefektifan sesuatu di dalam hidupnya. Hidup sederhana bisa menjadikan seseorang lebih berani dalam mengambil resiko untuk memilih kebahagiaan lain yang mungkin saja tak dipikirkan oleh orang lain.

Cara Menumbuhkan Sikap Hidup Sederhana dalam Kehidupan Sehari-Hari

a) Senantiasa Menumbuhkan Rasa Syukur Atas Semua yang Telah dimiliki

Bersyukur merupakan kunci paling utama dalam menjalani hidup yang sederhana. Dimana dengan bersyukur, kita akan merasakan tidak adanya kekurangan dalam hidup ini. Kekurangan tersebut akan bisa dalam bentuk bahan kebutuhan bukan keinginan. Selalu bersyukur juga akan menjadikan hidup ini menjadi lebih tenang.

b) Selalu Berusaha Belajar Mengendalikan Diri

Hidup yang sederhana bisa dimulai dengan pengendalian diri yang kuat. Melakukan hidup sederhana akan menjadikan kita memiliki perencanaan yang lebih matang untuk setiap tindakan yang akan dilakukan Oleh sebab itu, hal tersebut akan menjadikan kita sebagai pribadi yang tak selalu harus siol memberi barang maupun memperkaya diri sendiri. Misalnya kita bisa berbagi kepada sesama untuk menularkan rasa bahagia ke orang lain, kehidupan kita jadi lebih tenang dan mental kitab isa jadi lebih sehat.

c) Tidak Membandingkan Kehidupan Pribadi dengan Orang Lain

Setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Gaya hidup yang dimiliki orang lain tak harus kita jadikan patokan untuk kehidupan pribadi kita. Begitupun dengan gaya hidup kita yang juga tak bisa dijadikan acuan untuk kehidupan orang lain.

Itu artinya, keberhasilan yang dimiliki orang lain bukanlah suatu kegagalan dalam hidup yang kita jalani. Jadi, untuk meraih keberhasilan dalam hidup ini akan lebih mudah jika kita berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

d) Menyusun Skala Prioritas

Seperti yang dijelaskan jika dengan hidup yang sederhana akan bisa menjadikan kita lebih mudah mengatur keuangan. Dimana ketika kita mengatur keuangan tersebut, kita akan bisa memilah mana skala prioritas dan mana kebutuhan yang masuk ke dalam skala non prioritas.

Adanya skala prioritas bisa menjadikan kita lebih pandai dan bijak dalam melakukan suatu hal. Kita akan bisa menentukan suatu hal yang memang benar-benar dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup saat ini.

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊