Cara Mengembangkan Potensi Diri, Menjelajahi Peluang Karir Di Era Digital

 

Mengembangkan Potensi Diri

Pernah gak sih kalian merasa stagnan
Disaat dunia berjalan begitu cepatnya, kita seakan tidak ada perkembangan yang signifikan, merasa tertinggal jauh. Bahkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan begitu sulit..

Padahal jika kita mau membuka mata, ternyata peluang karir profesional begitu banyak di era digital saat ini.

Minggu lalu aku ikut kelas online BRT Network yang membahas tentang mengembangkan potensi diri dapat membuka peluang karir profesional di era digital dengan pemateri mbak Putri SB.

Mbak putri adalah seorang blogger yang memiliki pengalaman lompatan karir yang luar biasa. Mbak Putri memang dikenal sebagai blogger yang gigih dalam berusaha mengembangkan potensi dirinya. 

Sampai akhirnya, kegigihan dalam menjelajahi peluang karir di era digital berhasil mengantarkannya menjadi seorang manager SEO pada salah satu perusahaan multinasional di Jakarta. 

Keyakinannya bahwa peluang itu terbuka untuk siapa saja yang mau berjuang meraihnya, menjadikan perjalanan karir mbak putri mulai dari SEO content creator, web development, SEO Specialist dan digital marketing pada salah satu perusahaan multinasional di Jakarta. Selain itu, mbak putri juga sebagai seorang pengajar SEO.

Opportunity is like sunshine; it’s available to everyone. 
But what you do with it is up to you

Pengalaman mbak putri memberikan pelajaran berharga untuk kita, bahwa  ternyata banyak peluang untuk berkarir, asalkan kita memiliki kemauan kuat untuk belajar dan mengembangkan kemampuan diri serta yang juga penting yaitu kita wajib membuat perencanaan yang jelas untuk menuntun jalan kita. 

Artikel ini mengulas sesi sharingnya pada kelas online BRT Network tentang kiat-kiat apa saja dalam mengembangkan potensi diri yang dilaluinya sampai mendapatkan peluang karir luar biasa di era digital saat ini. 

Yuk ikuti ulasannya....

Live Elevating Skill

Skill Dasar Seorang Individu

Di era digital saat ini, mengembangkan potensi diri jadi hal yang sangat penting. Setidaknya ada enam skill dasar yang wajib kita kembangkan dan kuasai sebagai bekal dalam perjalanan hidup kita, yaitu sebagai berikut.

a) Fast Learner

Skill dasar yang pertama yaitu fast learner yaitu skill dasar yang berkaitan dengan kemampuan kita dalam belajar dengan cepat. Ditengah perkembangan yang begitu cepat saat ini, kita wajib banget memiliki skill fast learning

Semakin baik kemampuan fast learning-kita, maka proses adaptasi terhadap perubahan dan perkembangan yang dibutuhkan dalam dunia kerja semakin cepat dan mudah, seperti perubahan dan perkembangan teknologi yang pasti akan terjadi dengan cepat. 

Pada akhirnya produktivitas kita akan tinggi, ini akan menjadi nilai positif buat kita ya....

b) Never Give Up

Tidak banyak orang memiliki semangat tinggi dan tidak mudah menyerah dalam berusaha untuk mencapai apa yang diinginkan. 

Dalam mengembangkan potensi diri, kita harus konsisten belajar dengan tekun. Dalam proses belajar pasti kita akan merasakan ketidaknyamanan, dan pada kondisi ini banyak orang memilih untuk menyerah dan tidak melanjutkannya. 

Keputusan kita untuk terus berjuang dan tidak pernah menyerah, akan membuat kita mendekati tujuan kita, apa yang kita cita-citakan.

c) Networking

Nah, kemampuan dasar selanjutnya yaitu kemampuan untuk berjejaring membangun hubungan dengan orang lain. 

Networking sangat penting untuk kita utamanya di dunia kerja, di antaranya dapat memberikan nilai positif seperti dapat bertukar ide, membuka peluang baru, atau dapat juga membantu kita menemukan seorang mentor yang dapat memandu kita mendapatkan jalan lebih cepat mencapai target tujuan kita.

d) Management Skill

Management skill merupakan soft skill untuk mengorganisir, mengelola pekerjaan serta mengelola tim. Paling tidak ada tiga jenis dasar kemampuan ini, yaitu kemampuan teknis, kemampuan konseptual dan kemampuan interpersonal.

Ketika kita sudah terjun dalam dunia kerja maka kita harus memiliki kemampuan management, selain itu kita juga harus bersiap diri untuk menjadi seorang pemimpin. Oleh karena itu, kita wajib memiliki management skill.

e) Self Control

Banyak orang tidak dapat mengendalikan emosi ketika menghadapi situasi sulit dalam pekerjaan. Sehingga, kondisi ini akan membuat situasi semakin kacau dan pekerjaan juga tidak selesai dengan baik.

Oleh karena itu, self control menjadi kemampuan yang sangat penting bagi seorang individu. Dengan self control yang baik, kita dapat lebih tenang dalam menghadapi segala situasi bahkan situasi yang paling tidak mengenakkan. Self control akan memandu kita bertindak positif.

f) Adaptability

Yang terakhir yaitu adaptability, yaitu kemampuan kita berkaitan dengan perubahan peran dalam dunia kerja. Dengan kemampuan adaptasi yang baik, maka kita dapat menjalankan peran baru dengan baik pula.

Never Ending Optimize Your Self

Pengembangan Diri

Melakukan upgrade diri menjadi hal yang sangat penting. Proses pengembangan diri wajib kita lakukan secara continue. Berikut siklus pengembangan diri yang bisa kita terapkan.

a) Setting Goal

Tentukan tujuan baik jangka pendek, menengah ataupun jangka panjang. Susun tujuan secara jelas dan spesifik. Dalam menyusun tujuan pertimbangkan rasionalitas ketercapaiannya serta target waktunya.

Tujuan yang kita susun ini akan menjadi peta langkah kita dalam berusaha untuk mencapainya.

b) Learn More

Setelah ada tujuan yang jelas, saatnya untuk belajar dan belajar dengan sungguh-sungguh agar dapat mencapai tujuan dengan maksimal. Pelajari dengan fokus apa saja yang dapat mendukung tercapainya tujuan yang sudah kita tentukan.

c) Do The Best

Selanjutnya lakukan yang terbaik, kerjakan dengan maksimal. Jangan memikirkan hasilnya, karena hasil tidak akan jauh dari usaha yang sudah dilakukan. Maka, yang harus dilakukan adalah fokus berproses melakukan yang terbaik.

d) Objective Evaluation

Siklus selanjutnya yaitu melakukan evaluasi secara obyektif, siklus ini penting dilakukan sebagai bentuk penilaian ketercapaian dari langkah yang sudah kita lakukan pada siklus sebelumnya. 

Selain itu, hasil evaluasi yang kita lakukan dapat menjadi bahan perbaikan pada langkah berikutnya.


Core Habbits

Core Habbits to Growth

Setelah memahami apa saja elemen penting dalam pengembangan potensi diri, selanjutnya adalah habbits apa saja yang harus ditumbuhkan dalam diri agar diri dapat berkembang dengan baik. 

a) Focus

Habbits pertama yang harus dilakukan yaitu focus. Biasakan untuk fokus dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Susun skala prioritas apa saja yang dapat mendukung tujuan, dan abaikan hal-hal yang tidak penting. Fokus dapat membuat kita lebih cepat dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

b) Dicipline

Disiplin merupakan habbits positif sebagai kunci kesuksesan pada berbagai bidang kehidupan. Dalam usaha bertumbuh menjadi versi lebih baik, disiplin dapat membantu kita membentuk kebiasaan positif dalam mencapai tujuan. So, meskipun disiplin ini tidak mudah tetap harus kita biasakan sampai menjadi habbits dalam hidup kita.

c) Push Self Limit

Keluar dari zona nyaman memang tidaklah mudah, bahkan di awal-awal pasti merasa tidak nyaman. Namun, dengan tetap berada pada zona nyaman membuat kita membatasi diri, memberikan efek sulit untuk kita dapat berkembang. Oleh karena itu untuk mendorong kita berkembang, meminimalisir membatasi diri dan selalu berusaha untuk belajar mendapatkan hal-hal baru wajib menjadi habbits kita.

d) Stop Making Excuse

Banyak orang berhenti melakukan sesuatu, karena selalu mencari alasan untuk tidak bertindak. Maka, mulai sekarang berhentilah mencari alasan, berhentilah berkata saya tidak bisa dan mulailah untuk melangkah. Untuk berkembang butuh keberanian bertindak tanpa alasan. 

Nah, apakah kalian sudah bersiap menerapkan habbits positif di atas?

Menerapkan kebiasaan untuk selalu fokus, disiplin, keluar dari zona nyaman untuk belajar hal baru serta berhenti mencari alasan untuk bertindak akan membantu kalian dalam proses berkembang dalam karir.

So, berusaha konsisten dengan habbits di atas adalah kunci. 




‹ Lebih lamaTerbaru ✓

Posting Komentar

Komentar baru tidak diizinkan.